Rabu, 06 Mei 2009

Pengertian Kiyai

Kiyai Muda Online: Kiyai merupakan bahasa Jawa, asal kata Kiyai dari kata "Ki" artinya orang tua atau orang yang dituakan dan "yai" asal katanya dari piawai artinya orang yang cekatan, ahli dan profesional dibidang keilmuan Islam sehingga disegani dan dihormati oleh orang-orang sekitarnya, suka menolong, membantu dan memberi solusi kepada orang-orang yang membutuhkan pertolongan. Seorang kiyai tidak pelit ilmu, terutama ilmu-ilmu KeIslaman yang berlandaskan kepada Al-Qur'an dan Al-Hadits tanpa pamrih.

Gelar Kiyai ditujukan kepada Muslim (lelaki Muslim) yang ta'at beribadah kepada Allah SWT dan mengabdikan dirinya untuk kemaslahatan manusia di manapun dia berada, tidak gila harta walau butuh harta untuk bekal beribadah kepada Allah, namun harta hanya sekedar dibutuhkan untuk bekal beribadah kepada Allah semata dan bukan untuk memperkaya diri sendiri. Itu sebabnya jarang kita menemukan para kiyai yang kaya harta, namun kaya ilmu.

Bagi seorang kiyai, harta bukanlah berupa duit, emas permata atau berlian, tetapi Kitab (buku), itu sebabnya para kiyai walau hidup penuh sederhana, namun punya banyak kitab untuk dibaca, dipelajari dan untuk bekal membimbing orang lain ke jalan yang Allah ridhoi. Dengan kitab yang dimiliki, para kiyai sering dijuluki dengan istilah "kutu buku", tiada hari tanpa membaca merupakan salah satu motto hidup di kalangan para kiyai, kalau tidak membaca terasa pening kepala merupakan motto lanjutannya, sehingga para kiyai dipacu untuk terus belajar tanpa henti untuk bekal terus mengajar dan mendidik orang lain tanpa henti pula. www.kiyaimudaonline.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar